Jumat, 27 Desember 2013

Cara Membersihkan Karat



Kala itu aku ingin membersihkan lonceng kucing yang berkarat. Lonceng itu memang sudah lama sekali tidak digunakan. Ini nih, penampakan lonceng tersebut sebelum dibersihkan.
Karatnya banyak, kan?



Nah, setelah googling, aku pun mendapatkan cara untuk membersihkan karat, yaitu merendam benda yang berkarat di minuman bersoda selama satu jam.
Jadi yang pertama kulakukan adalah merendam lonceng di dalam minuman bersoda selama satu jam. Satu jam berikutnya, loncengnya pun kuangkat. Tapi ternyata karatnya masih banyak. Berkurang sih, tapi hanya sedikit. Mungkin karatnya terlalu tebal. Akhirnya aku memutuskan untuk merendam lonceng itu kembali selama semalam.
Lonceng direndam dalam minuman bersoda
Keesokan harinya, aku kembali menengok kabar si lonceng. Sama seperti kemarin, karatnya juga hanya berkurang sedikit. Sudah kugosok-gosok, tapi tidak mempan juga. Alhasil, aku pun merendam lonceng itu di dalam cairan khusus, yang tentunya buatanku sendiri, dong!
Cairan apakah itu? Pasti teman-teman sudah penasaran, kan? Sebenarnya cairan khusus itu mudah sekali dibuat. Mula-mula aku menyiapkan wadah plastic kecil. Lalu aku memasukkan lonceng yang berkarat. Kemudian, aku memasukkan soda kue secukupnya. Setelah itu, aku menuangkan cuka ke dalam wadah itu. Campuran itu pun mulai bereaksi. Berbusa!
Selanjutnya aku membiarkan lonceng itu terendam dalam ramuan berbusa tadi selama satu jam. Satu jam berlalu. Terlihat titik-titik kecokelatan mengendap di dasar wadah plastik. Tak salah lagi, titik-titik itu adalah karat yang rontok dari lonceng. Aku pun mengangkatnya dari cairan cuka-soda kue.
Dan, setelah disikat, akhirnya warna asli lonceng mulai tampak. Sebenarnya sisa karatnya masih ada sedikit, tapi yang penting penampilannya berubah drastis. Ini penampakan lonceng setelah melalui serangkaian perendaman.
Setelah direndam cuka-soda kue
Terakhir, aku pun memasang kembali lonceng tersebut di kalungnya, kemudian mengalungkannya di leher kucingku. Selesai, deh!. Oh iya, teman-teman, mau tahu nasib kalung lonceng tersebut? Baru saja beberapa jam berada di leher kucingku, kalung tersebut putus akibat digigit oleh kucingku! Hehehe… :D  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik