Minggu, 09 Desember 2012

Ringkasan Komik Sains Kuark Edisi 03 Thn XI (Zoologi:Bermula Dari Sepotong Daging)


            Kali ini, rubrik zoologi komik sains kuark membahas tentang pencernaan hewan. Simak ya…
            Alat-alat dalam pencernaan dibagi menjadi tiga, yaitu organ pencernaan, saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Organ pencernaan adalah kumpulan jaringan yang melakukan fungsi pencernaan, contohnya gigi dan mulut. Sementara saluran pencernaan merupakan alat pencernaan yang berbentuk seperti pipa atau saluran. Contohnya kerongkongan, lambung, dan usus. Dan yang terakhir, kelenjar pencernaan adalah alat yang menghasilkan  enzim, seperti kelenjar air liur, kelenjar pankreas dan kelenjar hati.
Nah, sekarang, kita akan melihat bagaimana susunan gigi hewan herbivora(pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging) , dan omnivora ( pemakan segala). Kita mulai dari gigi seri. Pada hewan herbivora, gigi seri rata dan lebar, sama seperti hewan omnivora. Tentu saja gigi seri pada karnivora berbeda. Gigi seri hewan karnivora pendek dan tajam. Lanjut ke gigi taring. Gigi taring pada hewan herbivora tumpul, bisa pendek atau panjang, bahkan bisa tidak ada. Pada hewan karnivora, giginya tajam, panjang dan melengkung. Gigi taring hewan omnivora pendek dan tumpul. Terakhir ada gigi geraham. Gigi geraham pada hewan herbivora dan omnivora rata. Sementara pada hewan karnivora gigi geraham bergerigi dan tajam.
Gigi seri berguna untuk memotong makanan. Gigi taring berfungsi untuk menyobek dan mengoyak makanan. Gigi geraham gunanya menghaluskan dan mengunyah makanan.
Oke, sekarang kita sudah tahu bagaimana bentuk gigi dari hewan herbivora, karnivora, dan omnivora. Kini kita akan membandingkan antara pencernaan hewan herbivora dengan karnivora. 
Hewan herbivora memakan daun dan rumput yang mengandung selulosa. Selulosa adalah zat yang sukar dicerna. Beberapa hewan herbivora seperti sapi, jerapah, kambing dan kerbau tidak memiliki enzim selulose yang berfungsi untuk mencerna selulosa, sehingga cara mereka mencerna makanan agak berbeda dengan hewan lain. Pertama, mereka mengunyah rumput di mulut kemudian ditelan dan disimpan untuk sementara di lambung. Ketika lambung sudah penuh dengan makanan, makanan akan dimuntahkan kembali ke mulut untuk dikunyah sekali lagi. Cara pencernaan seperti ini disebut memamah biak. Oleh karena itu sapi termasuk hewan pemamah biak atau ruminansia.
Hewan karnivora memakan daging yang mengandung protein yang lebih mudah dicerna daripada selulosa. Itulah mengapa saluran pencernaan hewan herbivora lebih panjang dari saluran pencernaan  hewan karnivora. Saluran pencernaan yang lebih panjang memberikan waktu yang lebih lama untuk mencerna selulosa dan memperbanyak permukaan untuk penyerapan nutrisi…….
Semoga tulisan ini bermanfaat yaa…. (Tunggu ringkasan rubrik botani komik sains kuark edisi 3 tahun 9!)



salah satu halaman dari komik sains kuark

1 komentar: